Sab. Des 3rd, 2022

.

SOSIALISASI AKSI PERUBAHAN PARA PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR ANGKATAN I TAHUN 2022 DI LINGKUNGAN DINAS BINA MARGA DAN BINA KONSTRUKSI

3 min read

Para peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2022 di Lingkungan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi yaitu Kepala UPTJJ Sidikalang (Ir. Erika Mayessi Hutabarat, ST, MT), Kepala UPTJJ Sibolga ( Hasmar Hasibuan ST, M.Si) dan Kepala UPTJJ P. Siantar (Syarifuddin, ST, M.Si) telah melaksanakan Sosialisasi Aksi Perubahan pada hari Jumat tanggal 29 April bertempat di ruang rapat Kepala Dinas BMBK Provsu. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas BMBK yang diwakili oleh Sekretaris DBMBK (H. Muhammad Riduan, S.SOS, MAP) dan dihadiri oleh Aparatur Sipil Negara yang mewakili masing – masing bidang dan UPTJJ di Lingkungan DBMBK Provsu. Agenda sosialisasi yaitu mendengarkan paparan dan melaksanakan simulasi aplikasi sesuai inovasi yang diterapkan dalam aksi perubahan.
Pada kesempatan ini peserta selaku Project Leader terlebih dahulu menyampaikan penjelasan singkat mengenai latar belakang aksi perubahan. Kepala UPTJJ Sibolga menyampaikan dalam inovasi yang diangkat adalah ”SiPESANTEMAN” Aplikasi pengembangan sumber daya manusia dalam tinggkat pengawas pekerjaan. Maksud inovasi/ aksi perubahan ini agar para ASN yang ada khususnya di UPTJJ Sibolga memiliki kemampuan membuat laporan baik harian mingguan, bulanan,dan keuangan dan makin meningkat kemampuannya dan dapat bersaing dalam hal kemajuan teknologi informasi yang serba digital. Begitu juga dengan inovasi “SIJUARA AKSI” yang merupakan akronim Sistem Informasi Pengajuan Pembayaran Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan UPTJJ Pematang Siantar Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Prov. Sumatera Utara. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan dan memangkas waktu proses pembayaran/pencairan yang diajukan oleh Penyedia Jasa dimana selama ini sistem asistensi yang dilaksanakan masih tatap muka sehingga kurang efektif dan efesien terlbih di era pandemik Covid 19. Dengan aplikasi “SIJUARA AKSI” diharapkan proses tersebut menjadi lebih cepat dan mudah serta mempercepat Penyerapan Anggaran yang dibebankan pada Dinas BMBK Prov. Sumatera Utara.

Peserta terakhir Kepala UPTJJ Sidikalang (Ir. Erika Mayessi Hutabarat, ST, MT) dalam sosialisasinya inovasi/ aksi Perubahan yang mengambil judul “SITANAS” Sistem Informasi Kegiatan Konsultan Pengawas Teknis Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Provinsi menyampaikan inovasi ini merupakan layanan sistem informasi/ aplikasi Konstruksi berbasis web yang membantu pengawasan,monitoring, mengelola dan pengendalian kinerja proyek UPTJJ di Lingkungan DBMBK Provsu. Inovasi Aksi Perubahan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan efektifitas, efesiensi biaya dan waktu, keakurasian dan tranparansi data baik itu progress fisik harian, mingguan maupun bulanan secara real time pada proyek fisik di UPTJJ DBMBK Provsu.

 Dalam paparannya, aplikasi SITANAS sedang diterapkan pada Proyek Rehabilitasi Jalan (PHJD) Sidikalang Tahun Anggaran 2022 dan CV. Ninta selaku Konsultan Pengawas telah mengoperasikan SITANAS sejak penandatanganan Surat Perjanjian/ Kontrak pada tanggal 1 April 2022. Project Leader menekankan kunci keberhasilan aplikasi SITANAS yaitu komitmen, kepatuhan dan konsistensi unsur Proyek baik Konsultan Pengawas, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Penyedia Jasa dalam mengelola aplikasi SITANAS. Oleh sebab itu Ir. Erika Mayessi Hutabarat, ST, MT meminta dan mengharapkan dukungan penuh dari Kepala Dinas, Sekretaris dan para Kepala Bidang DBMBK dalam pencapaian aksi perubahan.

 Hal ini pun mendapatkan sambutan dan perhatian khusus Sekretaris Dinas, “ Inovasi ini sangat bagus dan tepat guna untuk peningkatan pelayanan kinerja ASN dan Konsultan Pengawas untuk mewujudkan visi misi DBMBK Provsu yaitu mewujudkan jalan mantap. Kami aparatur DBMBK mendukung penuh dan siap menyukseskan inovasi ini dan kedepannya dilakukan penganggaran untuk pengembangan aplikasi ketiga peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2022 pada PAPBD DBMBK Provsu Tahun Anggaran 2022 “ pungkas Sekretaris Dinas dalam menutup sosialisasi ini.